Friday, July 19, 2013

Serba Lele Serba Nikmat!



Beberapa waktu lalu aku iseng-iseng main ke rumah baru temanku Dewi, yang juga mantan tetanggaku di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Selain kangen, aku juga penasaran mau liat rumah barunya itu. Siapa tau ada beberapa barang dagangan online-ku yang bisa kutawarkan untuk mempercantik rumahnya, hehehe. *pedagang mode on*

Berangkat pukul sepuluh pagi, aku tiba di depan rumahnya sekitar pukul 12 siang setelah muter-muter karena nyasar. Maklum lah, bisa dibilang aku jarang sekali “menjajah” daerah Lebak Bulus. Setibanya di sana aku langsung disambut hangat oleh temanku serta kedua orang tuanya. Ya, aku memang sudah sangat akrab dengan keluarga-nya, sudah bagaikan saudara karena kami memang sudah berteman sedari kecil. Sambil bertukar kabar kami memasuki rumah mungil berwarna biru muda yang terlihat terawat dengan baik itu.

Ini rumahnya :D


“Yuk, kita ngobrol di dapur aja. Sekalian makan siang ya.” Ajak ibunda temanku begitu kami tiba di dalam rumah. Seperti dugaanku, dapur rumah ini menyatu dengan ruang makan. Ada meja makan lumayan besar yang cukup untuk empat orang, yang di atasnya sudah tersaji hidangan makan siang yang mengundang selera. Wow, lunch time!! Aku datang di saat yang tepat.

Bagaikan belum makan dari lahir, mataku mulai jelalatan meneliti satu persatu hidangan di atas meja makan tersebut. “Nasi putih, cek! Sayur asem, oke! Ayam goreng, yes! Abon,  dobel yes! Dan… beberapa toples berisi krupuk, hmm… kerupuk apa ya?” gumamku dalam hati.



“Ayo ambil sendiri ya nasi sama lauknya juga.” Kata temanku penuh semangat. “Nih cobain abonnya, enak banget. Dijamin ketagihan.” Sambung temanku lagi. Karena penasaran, ku ambil abon yang berwarna agak muda itu beberapa sendok ke dalam piringku. Colek sedikit, campur dengan nasi, dan nyam. Hmm, enak sekali abonnya. Gurih dan manisnya pas, ditambah dengan sedikit aroma ikan yang bikin abon ini terasa beda dengan abon lainnya. “wah, enak. Abon apa ini Wi?” tanyaku penasaran. “itu abon lele, enak kan?” sambut temanku. Wow gak nyangka, ada juga abon yang dibuat dari lele, enak pula! Padahal aku biasa saja sebelumnya dengan lele, tapi nikmatnya abon ini mengubah persepsiku mengenai ikan air tawar yang satu ini. “ Iya, enak banget! Baru tau ada abon dari lele.” Jawabku. “wah, suka ya? Tuh cobain juga yang dalem toples Yul. Itu olahan lele juga lho. Kerupuk lele sama kreceklele.” Kata temanku. Tanpa menunggu perintah kedua, langsung ku cicipi satu persatu. Baik kerupuk maupun kreceknya sama-sama enak. Gurihnya khas lele sangat terasa. Hmm, makan siang kali ini terasa sangat istimewa karena menyantap hidangan bernuansa lele sambil melepas kangen dengan teman lamaku. Aah senangnya!


Sebelum pulang, aku sempat bertanya pada temanku di mana ia mendapatkan makanan olahan lele yang nikmat tersebut. “Yaa beli online doong Yul. Kan kamu yang sering ngasih tau kalo jaman sekarang semuanya bisa dibeli lewat internet. Lupa ya?” jawab temanku dengan semangat. Mendengar jawabannya, aku langsung tersenyum kecut. Tentu saja beli online, kenapa tak terpikirkan olehku yang juga memiliki toko online? Yuli, Yulii…

Nah, Penasaran sama nikmatnya Makanan Olahan Lele?


No comments:

Post a Comment