Wednesday, November 27, 2013

Desain Lampu Meja Paling Kreatif



Sebelumnya aku udah pernah bahas soal lampu untuk di rumah. Kali ini aku mau bahas lagi, tapi ngomongin lampu meja dan desainnya. Karena diletakkan di meja biasanya lampu jenis ini dibuat semenarik mungkin, karena lampu meja tidak hanya dipakai sebagai alat penerangan melainkan juga sebagai pemanis ruangan.

Aku baru nemuin beragam desain lampu meja yang paling kreatif dan juga unik. Yuk langsung aja diliat:

Coin Lamp
Desainer lampu ini (http://www.jethromacey.com/) memungkinkan penggunanya untuk berhemat, karena untuk menyalakan lampu ini, kamu harus memasukkan koin. Sepertinya lampu yang satu ini tepat buat dihadiahkan untuk si kecil supaya rajin menabung ya hehehe :D





Titanic Lamp
Kayaknya hampir semua orang udah pernah nonton Titanic. Film garapan James Cameron yang sukses besar ini menginspirasi Charles Trevelyan  untuk mendesain lampu yang condong seakan tenggelam di permukaan meja. Pretty unique, don't you think?




Alien Abduction Lamp
Lampu ini bisa dibilang sesuatu yang baru, unik dan orisinil di dunia perlampuan. Jadi di dalam UFO yang terbuat dari metal ini terdapat bohlam lampu yang nantinya akan menerangi kaca dan boneka yang ada di dalamnya, seolah-olah si alien ingin menculiknya. Cahaya lampu tersebut akan menerangi balok kaca dan menciptakan efek X-Files yang mengagumkan. Tapi sayangnya, lampu ini masih dalam tahap konsep dan untuk memiliki lampu ini, kita harus menunggu sampai LasseKlein, si perancang lampu, memproduksi lampu ini.






Stacked Rock Lamp
Lampu meja ini bisa dipastikan jadi penghias ruangan yang bisa menarik perhatian tamu-tamu yang datang ke rumah. Pertama kali liat pasti langsung bertanya-tanya gimana batu-batu tersebut bisa tersusun sedemikian rupa. Rahasianya, batu-batu itu melekat pada sebuah pilar penyangga, sehiingga cahaya dari lampu dapat menerangi ke bawah bagai air terjun.






Ellipse Table Lamp
Karya yang satu ini bikinan dalam negeri dan saya temukan sendiri ketika sedang asyik browsing. Lampu meja bermotif elips  ini akan sangat pas bila ditempatkan di sudut ruangan yang tidak membutuhkan cahaya terang. Lampu ini ditutup oleh kotak dengan desain yang menarik, sehingga cahaya yang berasal dari dalam terpancar keluar dengan motif bayangan yang unik. Aman karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, melainkan terbuat dari kayu pilihan.




Good Night Eileen
Lampu rancangan Christine Birkhoven ini terinspirasi dari lampu tangan kuno yang digunakan untuk penerangan saat berpindah ruangan dalam gelap. Bisa dipindah-pindah sebagai pengganti lilin ketika mati lampu. Alat ini sendiri menggunakan teknologi LED, sehingga memungkinkan penggunaan listrik yang rendah. 



Memento Lamp
Sama seperti lampu elips di atas, lampu ini akan menciptakan bayangan dramatis dari bentuk-bentuk angka pada permukaan meja maupun tembok. Didesain oleh Hiroshi Yoneya dan Yumi Masuko, tampaknya saat ini MementoLamp hanya tersedia di Jepang. Tapi untuk alternatif, kamu bisa mencoba membeli Ellipse Table Lamp di atas.


 
LULL
Lampu ini bisa membuka dan menutup seperti layaknya bunga. Pada malam hari, lampu ini memberikan cahaya yang redup dan lama-kelamaan akan mati dengan sendirinya. Di pagi hari, lampu ini akan terbuka dan perlahan meningkatkan intensitas sinarnya untuk membangunkan pengguna dengan nyaman. Produkini berhasil memenangkan penghargaan GiForm 2007, kompetisi desain industri di Norwegia.




Tall & Tiny
Sepertinya tidak ada lampu desain lampu yang lebih fleksibel atau menghemat ruang dari lampu yang satu ini. Berupa 2 stiker lampu dari vinyl foil, kita bisa menempelkan lampu ini di mana pun. Tapi yang satu ini masuknya lampu meja atau lampu dinding ya? Hehe…



Itu dia desain-desain lampu yang unik dan kreatif. Ada yang ingin menambahkan? Kotak comment saya selalu terbuka :)

Semoga bermanfaat :) 




No comments:

Post a Comment