Friday, September 20, 2013

Yuk Berwisata ke Batu, Malang!

Kalau lagi suntuk, kayaknya pengen banget liburan ya. Tapi kadang juga justru jadi bingung mau liburan ke mana. Abis kalau liburannya ke situ-situ lagi, yang ada bosan juga. Malah nggak jadi rileks dan santai nantinya. Apalagi kalau liburan bareng teman-teman. Banyak banget pertimbangan yang harus aku perhatikan. Soalnya ada teman aku yang malas kalau liburannya harus jauh-jauh.


Akhirnya, waktu itu aku jalan-jalan aja sama teman-temanku ke Kota Batu, di Malang, Jawa Timur. Nggak jauh dong, kan masih di area Pulau Jawa. Aksesnya pun banyak. Bisa naik pesawat, bis, atau kereta.


Kota Batu ini sering disebut sebagai Swiss Kecil, berkat panorama yang indah dan kesejukan udaranya. Tidak heran, karena kota ini terletak di ketinggian sekitar 871 meter di atas permukaan laut. Selain itu, Kota Batu juga dikelilingi oleh beberapa pegunungan, seperti Gunung Panderman, Gunung Arjuno, Gunung Anjasmoro, Gunung Kawi dan Gunung Welirang.


Dengan modal itu, Kota Batu belakangan mulai menjelma menjadi primadona baru wisata keluarga Indonesia. Selain yang udah aku sebutin di atas, Kota Batu juga punya daya tarik lainnya. Misalnya situs bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih berbekas. Selain itu, kota ini juga menawarkan kenyamanan istirahat dengan beragam layanan hotel, resort, bungalow dan vila.

Tujuan wisatanya pun terbilang lengkap. Waktu aku ke sana, aku sama teman-teman sempat main ke beberapa tempat. Aku berkunjung ke pemandian air panas Cangar. Di sana aku bisa berendam dengan santai di air panas yang mengandung belerang sambil mendengar kicauan burung dan celoteh satwa lainnya. Benar-benar dekat dengan alam!

Aku juga main-main ke Secret Zoo. Ini adalah museum satwa keren, yang bisa dibilang sudah bertaraf internasional. Gayanya ala-ala Yunani gitu. Di dalamnya ada replika kerangka hewan purba dan satwa di dunia yang belum punah. Aku juga nggak lupa berkunjung ke Jatim Park, taman rekreasi komplit yang menyediakan lebih dari 50 jenis wahana seru. Cocok buat keluarga!


Selain tempat-tempat serunya, aku juga beli banyak makanan, dan pastinya oleh-oleh. Namanya juga orang Indonesia, oleh-oleh itu nggak boleh banget ketinggalan. Sama kayak Malang, oleh-oleh khas Kota Batu adalah apel hijaunya. Tapi serunya, di sini aku nggak cuma nikmatin apel kayak biasa aja. Banyak banget olahan apel yang ditawarin. Salah satunya apel celup. Bentuknya sih lebih ke minuman ya. Kayak teh gitu. Tapi rasanya itu lho, enak banget! Segar banget! Buat yang ga sempet ke Malang tapi pingin nyicipin, sekarang udah ada yang jual online, kok.


Yah, pokoknya gitu deh liburan aku ke Kota Batu yang berkesan. Alamnya asyik, olahan apelnya pun juara! 

No comments:

Post a Comment