Monday, September 16, 2013

Ubi Ungu yang Enak & Menyehatkan



Kali ini aku mau bahas tentang ubi ungu. Jangan salah, meskipun makanan ini sering dianggap ndeso sama sebagian besar orang, tapi manfaatnya sangat banyak lho. Selain merupakan sumber karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi, ubi ungu juga merupakan sumber vitamin (vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan riboflavin ) dan mineral (zat besi, forfor, dan kalsium). Kandungan lain di dalamnya ada protein, lemak, serat kasar, dan abu. Jauh lebih menyehatkan daripada fast food kan?  



Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat lebih detail dari ubi ungu:
  1. Kandungan antosianin di dalamnya yang bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa menyerap polusi udara, oksidasi dalam tubuh, dan menghambat penggumpalan darah sehingga aliran darah dalam tubuh pun lebih lancar. Selain itu, antosianin juga memiliki fungsi fisiologi, seperti sebagai perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung, maupun stroke.
  2. Kandungan betakaroten, vitamin E, dan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan penyakit kardiovaskuler lainnya.
  3. Serat dan pektin yang terkandung dalam ubi ungu pun juga sangat baik buat mencegah gangguan pencernaan.
  4. Dan karena kandungan aktif zat selenium serta iodin yang terkandung dalam ubi ungu 20 kali lebih tinggi dibanding ubi lainnya, maka ubi ungu pun bisa menjadi anti-kanker. Selain itu, ubi ungu juga memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi dibanding beberapa jenis blueberry.
  5. Bukan cuma itu aja, ubi ungu juga bisa menjadi pewarna makanan yang alami. 


Banyak banget kan manfaat ubi ungu? Makanya aku selalu prefer bahan makanan tradisional, karena selain membantu agrikultur tanah air, harganya lebih murah, juga lebih menyehatkan. Untungnya anak-anakku juga suka makan ubi ungu. Porsi untuk mereka pun gak banyak karena ubi memang bikin kita cepat kenyang.

Berhubung aku hobi bikin kue, aku sering browsing resep-resep seru di internet. Ternyata sekarang udah banyak banget ragam olahan ubi ungu, seperti klepon ubi ungu misalnya. Kebayang kan rasanya ubi ungu yang manis dan legit dicampur ketan, kelapa, dan gula merah? Nikmat banget! Sayangnya waktu aku bikin kemarin gak sempat foto karena udah keburu ludes sama suami dan anak-anak hehehe…



Terus aku juga nemu resep kue mangkuk, donat, dan roti yang terbuat dari ubi ungu. Untuk donat dan roti yang terbuat dari ubi ungu akan terasa sedikit aromanya, tapi saat dimakan gak terasa aroma ubi ungu sama sekali. Harus banget dicoba nih! Maklum, sejak aku bikin klepon ubi ungu kemarin, keluarga sekarang jadi pada ketagihan sama ubi ungu.



 



Yang lebih serunya lagi, waktu aku iseng browsing cemilan yang terbuat dari ubi ungu, aku nemuin bakpia! Langsung deh aku pesen saat itu juga. Rasanya? Gak usah ditanya, pokoknya super legit! Enaakk banget! Awalnya aku cuma pesen 2 kotak. Tapi kemarin aku baru pesen lagi 6 kotak sekaligus hehehe… Buat stock di rumah dan buat orang tua sama mertua. 


Untuk minumannya, ternyata ubi ungu ini juga enak dijus lho! Aku udah coba, dan kalo aku biasanya suka tambahin daun mint biar makin segar. Kalo anak-anak selalu minta dikasih susu kental manis cokelat, jadi lebih manis. Rasanya enak dan sehat banget! Bahkan menurut penelitian dari The London Medical School, hanya dengan mengkonsumsi segelas jus ubi ungu bisa membantu menurunkan tekanan darah hingga 7%. 





Nah, sekarang pasti jadi pada penasaran sama ubi ungu kan? Kalo ada yang pernah coba atau buat olahan ubi ungu, boleh lho di-share!



No comments:

Post a Comment