Friday, September 20, 2013

Sejarah Mukena

Semua pasti udah tahu mukena dong? Apalagi buat kamu yang muslimah, pastinya udah akrab banget kan sama perlengkapan sholat yang satu ini? Nah, sekarang aku mau berbagi cerita soal sejarah mukena yang mungkin kamu belum tahu.

Asal kamu tahu, ternyata mukena bukan berasal dari Arab ataupun Timur Tengah. Soalnya aku pernah baca nih, pemakaian mukena pas perempuan lagi sholat itu termasuk salah satu keunikan budaya Islam Melayu alias hanya bisa kita temukan di Indonesia dan Malaysia saja. Lho, lalu di negara lain yang juga muslim, pake apa dong?

Kalau perempuan muslim dari negara lain, terutama yang dari Timur Tengah, mereka nggak pakai mukena ketika melaksanakan sholat. Mereka justru memakai pakaian dengan potongan panjang dan juga lebar. Lebih kayak kain berukuran besar yang dipakai begitu aja. Namanya burqa atau abaya. Kurang lebih tampilannya kayak jubah atau gamis panjang gitu, yang kelihatan hanya muka dan telapak tangan aja. Biasanya pakaian ini juga digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Jadi saat waktu sholat tiba, mereka tidak perlu memakai apa-apa lagi karena aurat mereka sudah tertutup.

Terus, gimana ceritanya perempuan muslim di Indonesia dan Malaysia pakai mukena pas lagi sholat?

Jadi gini. Dulu, sebelum Islam datang, kaum perempuan di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, para perempuannya cuma sebatas memakai kain panjang Jawa (jarik) aja. Biasanya kain ini nggak dijahit dan menggunakan tambahan kemben yang dililit. Berbeda dengan muslimah Arab, orang-orang Indonesia dulu berpakaian lebih terbuka.

Waktu Wali Songo menyebarkan Islam yang mulai masuk ke Indonesia, terjadilah benturan antara busana seperti itu dengan syariah Islam. Nah, mulai banyak deh terjadi perdebatan dan niatan untuk memperbaiki cara berbusana kaum perempuan pada masa itu.


Dari situ, ujung-ujungnya adalah adanya berbagai macam kompromi. Wali Songo dan para perempuan pun akhirnya sepakat bahwa para perempuan harus menggunakan mukena ketika sholat. Saat itu diketahui bahwa mukena adalah busana sesuai syariah yang ada, dengan hanya wajah dan telapak tangan yang boleh terbuka ketika melaksanakan sholat. Ketika sedang tidak sholat, maka para perempuan itu kembali menggunakan pakaian seperti biasa, yakni paduan kemben dan jarik.

Hmmm, kayaknya emang panjang banget nih sejarah mukena. Nanti aku baca-baca lebih banyak lagi ah. Seru kayaknya. Tungguin sharing aku lagi ya!

12 comments:

  1. terima kasih atas ilmu yang di berikan..saya tunggu artikel-artikel selanjutnya :) saya ingin berbagi ilmu sedikit mengenai mukena Sebagian besar ulama kita telah bersepakat bahwa busana yang sesuai dengan syarat untuk menutup aurat wanita dalam{Enter}shalat adalah baju kurung beserta kerudung (yang sekarang dikenal dengan mukena) ... salah satu trend zaman sekarang yaitu mukena katun jepang ,,ingin Dapat barangnya kualitas top di sini tempatnya GROSIR MUKENA KATUN JEPANG ( www.mukenadistro.com )

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Wah, thanks ya info tentang sejarah mukenanya...
    Buat yg lagi cari mukena katun, mampir aja di toko saya ya...

    https://www.facebook.com/alogobysarah/

    ReplyDelete
  4. sharing manfaat ... ditunggu next sharing nya ..salam hangat dari utara jogja jual mukena anak <a

    ReplyDelete
  5. used ford edge titanium - Tioga-Arts
    Tisoga-Arts | Tools apple watch stainless steel vs titanium Used | Tools Used | Home | Contact Us | Products, stilletto titanium hammer Made by Tisoga-Arts. Tisoga-Arts | Tools Used | Home babyliss pro titanium flat iron | titanium flashlight Contact Us mens titanium earrings | Products, Product,

    ReplyDelete