Belakangan ini, e-commerce di Indonesia
memang perlahan-lahan jadi semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan makin
banyak orang yang mulai berani untuk berbelanja secara online. Tapi bukan berarti
kekhawatiran masyarakat tentang kredibilitas online shop sudah benar-benar
menghilang, lho. Maklum aja, namanya belanja secara online, pembeli tidak
bertemu langsung dengan penjual. Jadi ketika uang pembayaran sudah ditransfer
pembeli ke penjual tapi barang tak kunjung diterima, pembeli pasti langsung
was-was, takut kalau ternyata sang penjual adalah penipu yang membawa kabur uangnya.
Kekhawatiran masyarakat ini tidak dibantu
juga dengan banyaknya online shop palsu yang memang bisa dibilang ‘menipu’
masyarakat. Misalnya saja, barang yang dikirim tidak sesuai dengan foto di
website, kualitas barang yang dikirim kurang prima, atau bahkan pemilik online
shop ‘kabur’ dan tidak pernah mengirim barang walaupun dia sudah menerima uang
pembeli.
Aku sendiri pun kadang menemui pelanggan
yang cenderung ‘paranoid’ saat pertama kali berbelanja di online shop-ku. Mereka
khawatir sekali kalau mereka tidak segera menerima barang yang sudah dipesan. Aku
bahkan pernah disebut ‘penipu’ ketika barang tak kunjung diterima pembeli.
Padahal waktu itu pengiriman barang terhambat karena masalah di kurir
pengiriman. Pemilik online shop memang harus sabar menghadapi pembeli seperti
ini. Tapi setelah beberapa lama menghadapi kekhawatiran pembeli, aku pun mulai
menerapkan beberapa fitur di online shop aku untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan,
baik pelanggan lama maupun pembeli yang baru pertama kali berbelanja di online
shop aku. Beberapa fitur tersebut adalah:
1.
Panduan pembeli
Panduan pembeli yang
lengkap dan jelas tentang proses pemesanan dan pengiriman barang akan
menghindari kesalahpahaman antara pembeli dan penjual.
2.
Blog
Belakangan ini sudah
banyak online shop yang melengkapi tokonya dengan blog berisi konten pribadi
ataupun yang berhubungan dengan produk atau target online shop-nya. Misalnya,
kalau kamu berjualan produk bayi, kamu juga bisa melengkapi online shop-mu
dengan blog tentang parenting atau
perawatan anak. Selain meningkatkan kepercayaan pembeli, blog ini juga bisa
menarik calon pembeli baru ke online shop kamu, lho. Soalnya mereka juga bakal
dapat pengetahuan.
3.
Keterangan produk yang jelas
Setiap foto produk harus
dilengkapi dengan keterangan yang jelas dan akurat. Misalnya, kalau tas yang
kamu jual adalah tas KW, jangan bilang bahwa tas tersebut adalah original, ya.
Selain itu, jelaskan apakah warna produk yang terlihat pada foto sama persis
dengan warna asli produk atau sedikit berbeda karena efek filter atau kamera.
Karena itu, sebenarnya penjual tidak disarankan untuk menggunakan bermacam
filter saat memfoto produk jualannya.
4.
After sales service yang baik
After sales service ini
termasuk konfirmasi ke pembeli setelah kamu mengirim barang, bahkan lengkap
dengan nomor resi pengiriman. Selain itu, kalau pembeli memiliki keluhan
mengenai barang yang dia terima, lebih baik bila kamu bisa mengatasi itu dengan
baik.
5.
User review
User review atas produk
alias testimoni pelanggan atas dagangan kamu sangat membantu kredibilitas
online shop kamu. Kalau sudah banyak pelanggan yang puas dengan layanan online
shop dan produk kamu, maka calon pembeli baru pun akan lebih percaya pada
online shop kamu.
Fitur-fitur di atas bisa jadi acuan untuk
menilai kredibilitas sebuah online shop, baik bagi kamu yang sedang membangun
bisnis online shop atau kamu yang baru mulai mencoba berbelanja secara online.
Membuat online shop dengan fitur di atas memang membutuhkan waktu, tapi
investasi waktu itu jelas bermanfaat untuk kredibilitas online shop kamu. Kamu
juga bisa bergabung dengan ‘online mall’ seperti www.tokoon.com
yang terdiri dari gabungan berbagai online shop. Tidak sembarang online shop
bisa memasang produk di situs ini, karena online shop harus mendaftar sebagai
member dan memasukkan data diri lengkap sebelum mulai berjualan. Fitur seperti
user review serta konfirmasi penerimaan pembayaran dan pengiriman barang juga
sudah tersedia. Pembeli nyaman berbelanja dengan mudah, penjual pun bisa
berjualan dengan tenang.
Aku sendiri adalah member di www.tokoon.com, baik sebagai penjual maupun
pembeli. Aku sudah cukup sering berbelanja di situs ini. Kebanyakan sih belanja
makanan dan baju.. hehe.. Sebagai pemilik online shop, cukup banyak juga
pelanggan aku yang datang dari situs ini. Proses pemasangan produk, pembayaran,
dll juga mudah. Berminat ikut gabung jadi member?
Sumber:
setuju .. kejujuran harus selalu diutamakan
ReplyDeletesalam .. jual mukena anak