Tuesday, December 3, 2013

5 Tips Mengajak Si Kecil ke Pesta



Mau tahu dilema yang sama beratnya dengan memilih antara sakit hati atau sakit gigi? Buat aku sih, antara mengajak si kecil, terutama yang perempuan, pergi ke pesta atau tidak, hehehe. Yah, sebenarnya tidak seberlebihan itu sih, tapi kalian yang sudah menikah dan punya momongan tentu tahu rasanya. Di satu sisi, kita pengen dong membangga-banggakan si cantik. Persoalannya, kalau dia rewel dan mengganggu pesta, gimana? Kalau dia lari-larian, gimana? Repot.

Sebagai veteran mengajak si kecil ke pesta-pesta, aku punya beberapa tips yang bisa dibagikan untuk teman-teman. Apa saja?

1. Berkomunikasilah



Kunci dari banyak persoalan, termasuk persoalan anak, sebenarnya sederhana, yakni komunikasi. Berkomunikasilah. Beritahu kepada si kecil apa yang tak boleh dilakukan selama pesta sebelum pergi. Ajak dia berjanji untuk tidak menangis, lari-larian, rewel, mengganggu orang lain. Puji dia bila mereka berlaku tenang dan manis, agar dia terbiasa melakukannya. Buat dia mengerti tentang hal yang baik dan tidak baik dilakukan. 

2. Kondisikan si buah hati
Rewel atau susah diatur kerap terjadi karena si kecil merasa gerah, sumpek, atau ketidakenakan lain yang dialaminya di pesta. Beritahu anak sebelum menghadiri pesta, seperti apa kondisi pesta yang akan didatangi. Jangan berlama-lama pula di pesta apabila kondisinya tidak enak bagi si buah hati, entah itu karena membosankan atau terlalu ramai. Meski bertemu sahabat dan kerabat di pesta bisa membuat kita terlena, jangan sampai melupakan si kecil.

3. Jangan lupa mainan atau makanan favoritnya
Saat si kecil tampak mulai akan merepotkan, berikan kepadanya mainan kesukaannya yang akan membuatnya tenang dan mengalihkan perhatiannya untuk beberapa saat. Bisa juga Anda berikan makanan favoritnya agar dia tenang.

4. Minta pengasuh mendampingi
Apabila kita kebagian tugas dalam pesta atau merasa butuh waktu sendiri untuk mengobrol bertukar segudang cerita dengan para kawan lama, ajak pengasuh untuk mendampinginya. Ini agar perhatian kita tidak terbagi dan si kecil tetap merasa diperhatikan. Tapi jangan sering-sering ya, ini untuk beberapa kondisi yang memang bikin repot aja.

5. Kalau sudah diajak, jangan lupa baju yang tercantik



Udah siap mengajak si kecil pergi? Yang terakhir perlu disiapkan tentu penampilan termanis agar si buah hati menjadi sang bintang di hadapan teman-teman kita yang lain. Pilihkanlah baju terbaik untuknya besertaaksesoris-aksesoris yang membuatnya terlihat anggun dan percaya diri.
Happy partying!

No comments:

Post a Comment