Thursday, December 12, 2013

Inspirasi Sajian Lezat Teri Medan



Sebagai orang yang hobi makan kayak aku, salah satu oleh-oleh yang selalu harus aku cari ketika aku sedang berlibur atau mengunjungi suatu tempat adalah makanan khas tempat tersebut. Salah satu kota yang menurut aku banyak banget pilihan oleh-oleh makanannya adalah Medan. Para wisatawan yang datang ke sini pasti gak bakal ketinggalan buat ngeborong oleh-oleh khas Medan seperti Bolu Meranti, sirup markisa, atau pancake durian.

Tapi kalau aku sendiri sih tertarik banget sama yang namanya teri Medan. Soalnya teri Medan bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Berhubung aku suka masak, jadi 1 oleh-oleh ini bisa dibuat jadi berbagai masakan lezat. Teri Medan sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu ikan teri toge Medan yang berukuran sedikit lebih besar, dan ikan teri nasi Medan yang ukurannya lebih kecil dari ikan teri toge Medan. Kedua jenis ikan teri ini bisa kamu olah lagi jadi beberapa masakan, misalnya:

1.       Tumis Kacang Panjang Teri Medan
Untuk membuatnya, kamu cuma perlu menumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah yang diiris tipis beserta serai, lengkuas, dan daun salam. Tumis juga kacang panjang beserta teri medan yang telah digoreng hingga kering. Bumbui dengan garam, merica, dan gula pasir. Jelas lezat, tapi mudah disiapkan!



2.       Nasi Goreng Teri Medan
Nah, kalau resep ini bahkan lebih gampang lagi. Kamu tinggal menambahkan ikan teri nasi Medan yang telah digoreng kering ke dalam nasi goreng kamu yang telah siap. Penambahan teri Medan akan membuat sajian nasi goreng jadi semakin mantap!



3.       Sambal Teri Ijo
Untuk membuatnya, ulek cabai hijau besar dan cabai hijau keriting yang telah dikukus dengan bawang merah. Kemudian campur dengan ikan teri Medan yang telah digoreng, air jeruk nipis, dan garam. Aduk rata, dan sajikan bersama hidangan lain. Nikmatnya sambal yang pedas dan gurih dijamin bakal bikin kamu nambah terus.



4.       Kering Tempe Teri Medan
Hidangan ini tak cuma lezat, tapi juga bisa tahan disimpan agak lama, sehingga bisa dinikmati kapan saja. Cara membuatnya juga tidak sulit. Kamu cukup menumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah yang telah dihaluskan bersama daun salam dan lengkuas hingga harum. Lalu masukkan tempe, kacang tanah, dan teri medan yang telah digoreng kering. Bumbui dengan gula merah, garam, dan air asam hingga bumbu meresap. Kalau kamu mau menyimpan hidangan, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar sajian tetap lezat dan renyah.



5.       Pepes Tahu Teri Medan
Teri Medan tak hanya bisa disajikan dengan cara digoreng, tapi juga dengan cara dipepes. Caranya, campur bawang merah dan ketumbar yang telah dihaluskan dengan tahu putih yang telah dihaluskan, teri Medan yang telah digoreng, cabai merah yang telah dipotong, kelapa parut, telur, dan santan. Bumbui dengan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masukkan campuran tersebut dalam daun pisang, bungkus, lalu kukus selama sekitar 25 menit. Pepes tahu teri Medan pun siap dinikmati.



Terbukti kan kalau teri Medan termasuk bahan makanan yang fleksibel, bisa disajikan dengan berbagai cara, dan bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya. Lima resep di atas tadi adalah sajian teri Medan yang paling aku suka. Kalau mau coba, tinggal ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan-bahannya, termasuk teri Medan. Kalau lagi nggak punya waktu untuk ke pasar, sekarang kamu juga bisa pesan teri Medan melalui online shop, kok. Beberapa waktu aku baru aja beli teri Medan di online shopini . Rasanya mantap! Hmm.. jadi pengen makan teri Medan lagi, nih. Nanti malam mau masak teri Medan dengan cara apa ya? Ada yang bisa kasih ide?


Sumber:
Gambar comot dari Google

1 comment:

  1. Teri medan memang enak dimasak apa saja. Selain itu juga bergizi! Trimksh infonya.

    ReplyDelete