Tuesday, December 3, 2013

Siapa Bilang Ikan Lele Nggak Ada Gizinya? Salah Besar!



Kalau ditanya, apa makanan yang paling gampang ditemuin di kaki lima malam hari? Selain nasi goreng, salah satunya adalah pecel lele. Yes, menu yang memakai ikan lele sebagai lauk utamanya ini emang gampang banget kita temuin di pinggir jalan. Perasaan, tiap 100 meter aku selalu nemuin tukang pecel lele deh (mulai lebay deh kan :p).



Buat yang belum tahu nih, ikan lele itu masuk dalam jenis ikan air tawar. Ternak ikan lele itungannya susah-susah gampang sih. Aku emang belum pernah nyoba, tapi kata teman aku yang bisnisnya ternak lele sih gampang-gampang aja. Apalagi ditambah kenyataan kayak di atas, makin aja deh bisnis lele itu menggiurkan.

Tapi ada yang bilang, kalau ikan lele itu sebatas bikin kenyang doang, alias nggak ada gizinya. Nah, lho? Masa sih ikan nggak ada gizinya? Aku jadi penasaran kan. Abisnya, mau nggak mau makanan yang satu ini pasti cukup sering kita makan. Makanya aku browsing-browsing cari tahu soal ikan lele lebih dalam lagi.

Ternyata nih ya, aku nemuin fakta-fakta seru soal kandungan gizi yang ada di ikan lele. 



Sama kayak ikan lainnya juga, lele juga punya kandungan Omega 3 yang pastinya berguna banget buat perkembangan otak, fungsi saraf dan penglihatan. Kayak di iklan-iklan itu lho! Nggak cuma itu aja. Lele mengandung serat protein yang terhitung pendek. Jadinya, lebih gampang dicerna sama sistem pencernaan kita.

Urusan vitamin, lele juga punya serangkaian kandungan vitamin yang udah pasti penting buat tubuh manusia. Coba nih ya, lele itu mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12. Apa aja gunanya buat kita? Semua vitamin itu berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang, membantu metabolisme asam amino dan lemak, mencegah anemia dan kerusakan saraf, membantu pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung. Tuh, mantep banget kan?!


 
Di ikan lele juga ada zat besi yang gampang diserap sama tubuh manusia. Ada juga kandungan seng dan selenium sebagai anti-oksidan dan membantu kerja enzim serta hormon. Hmmm, makin komplit aja nih manfaatnya ikan lele buat tubuh kita.

Nah, siapa bilang kalau makan lele itu cuma ngenyangin doang dan nggak punya kandungan gizi? Salah besar!

No comments:

Post a Comment