Sunday, December 22, 2013

Kredibilitas & Kejujuran: Modal Penting Berjualan Online



Belakangan ini, e-commerce di Indonesia memang perlahan-lahan jadi semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan makin banyak orang yang mulai berani untuk berbelanja secara online. Tapi bukan berarti kekhawatiran masyarakat tentang kredibilitas online shop sudah benar-benar menghilang, lho. Maklum aja, namanya belanja secara online, pembeli tidak bertemu langsung dengan penjual. Jadi ketika uang pembayaran sudah ditransfer pembeli ke penjual tapi barang tak kunjung diterima, pembeli pasti langsung was-was, takut kalau ternyata sang penjual adalah penipu yang membawa kabur uangnya.



Kekhawatiran masyarakat ini tidak dibantu juga dengan banyaknya online shop palsu yang memang bisa dibilang ‘menipu’ masyarakat. Misalnya saja, barang yang dikirim tidak sesuai dengan foto di website, kualitas barang yang dikirim kurang prima, atau bahkan pemilik online shop ‘kabur’ dan tidak pernah mengirim barang walaupun dia sudah menerima uang pembeli.

Aku sendiri pun kadang menemui pelanggan yang cenderung ‘paranoid’ saat pertama kali berbelanja di online shop-ku. Mereka khawatir sekali kalau mereka tidak segera menerima barang yang sudah dipesan. Aku bahkan pernah disebut ‘penipu’ ketika barang tak kunjung diterima pembeli. Padahal waktu itu pengiriman barang terhambat karena masalah di kurir pengiriman. Pemilik online shop memang harus sabar menghadapi pembeli seperti ini. Tapi setelah beberapa lama menghadapi kekhawatiran pembeli, aku pun mulai menerapkan beberapa fitur di online shop aku untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, baik pelanggan lama maupun pembeli yang baru pertama kali berbelanja di online shop aku. Beberapa fitur tersebut adalah:

1.       Panduan pembeli
Panduan pembeli yang lengkap dan jelas tentang proses pemesanan dan pengiriman barang akan menghindari kesalahpahaman antara pembeli dan penjual.


2.       Blog
Belakangan ini sudah banyak online shop yang melengkapi tokonya dengan blog berisi konten pribadi ataupun yang berhubungan dengan produk atau target online shop-nya. Misalnya, kalau kamu berjualan produk bayi, kamu juga bisa melengkapi online shop-mu dengan blog tentang parenting atau perawatan anak. Selain meningkatkan kepercayaan pembeli, blog ini juga bisa menarik calon pembeli baru ke online shop kamu, lho. Soalnya mereka juga bakal dapat pengetahuan.

3.       Keterangan produk yang jelas
Setiap foto produk harus dilengkapi dengan keterangan yang jelas dan akurat. Misalnya, kalau tas yang kamu jual adalah tas KW, jangan bilang bahwa tas tersebut adalah original, ya. Selain itu, jelaskan apakah warna produk yang terlihat pada foto sama persis dengan warna asli produk atau sedikit berbeda karena efek filter atau kamera. Karena itu, sebenarnya penjual tidak disarankan untuk menggunakan bermacam filter saat memfoto produk jualannya.
  
4.       After sales service yang baik
After sales service ini termasuk konfirmasi ke pembeli setelah kamu mengirim barang, bahkan lengkap dengan nomor resi pengiriman. Selain itu, kalau pembeli memiliki keluhan mengenai barang yang dia terima, lebih baik bila kamu bisa mengatasi itu dengan baik.

5.       User review
User review atas produk alias testimoni pelanggan atas dagangan kamu sangat membantu kredibilitas online shop kamu. Kalau sudah banyak pelanggan yang puas dengan layanan online shop dan produk kamu, maka calon pembeli baru pun akan lebih percaya pada online shop kamu.


Fitur-fitur di atas bisa jadi acuan untuk menilai kredibilitas sebuah online shop, baik bagi kamu yang sedang membangun bisnis online shop atau kamu yang baru mulai mencoba berbelanja secara online. Membuat online shop dengan fitur di atas memang membutuhkan waktu, tapi investasi waktu itu jelas bermanfaat untuk kredibilitas online shop kamu. Kamu juga bisa bergabung dengan ‘online mall’ seperti www.tokoon.com yang terdiri dari gabungan berbagai online shop. Tidak sembarang online shop bisa memasang produk di situs ini, karena online shop harus mendaftar sebagai member dan memasukkan data diri lengkap sebelum mulai berjualan. Fitur seperti user review serta konfirmasi penerimaan pembayaran dan pengiriman barang juga sudah tersedia. Pembeli nyaman berbelanja dengan mudah, penjual pun bisa berjualan dengan tenang.

Aku sendiri adalah member di www.tokoon.com, baik sebagai penjual maupun pembeli. Aku sudah cukup sering berbelanja di situs ini. Kebanyakan sih belanja makanan dan baju.. hehe.. Sebagai pemilik online shop, cukup banyak juga pelanggan aku yang datang dari situs ini. Proses pemasangan produk, pembayaran, dll juga mudah. Berminat ikut gabung jadi member?


Sumber:


1 comment: