Monday, December 16, 2013

Ceker Ayam, Diam-diam Bergizi



Siapa yang suka ceker ayam? Aku suka! Hehehe. Nagih banget nih makanan yang satu ini. Sebagai orang Indonesia, kita emang udah dijejelin ceker ayam secara gila-gilaan. Kata orang tua sih, kaki bayi bisa tambah kuat kalau sering dikasih ceker ayam.

Nah, para pakar sebenarnya nggak setuju dengan anggapan itu. Alasannya, ceker itu nggak ada dagingnya. Emang ada sih bagian kulit yang agak tebal, tapi sama bayi kan nggak dimakan juga bagian itunya.

Tapi ternyata ya, selain rasanya yang emang gurih banget, ceker ayam bukannya nggak ada manfaat sama sekali lho. Ternyata ada kandungan gizi tertentu di ceker ayam. Makanya nggak heran kalau semakin ke sini, olahan ceker ayam pun makin macam-macam.

Kata teman aku, susunan utama ceker ayam itu adalah asam amino. Ini adalah komponen dasar protein. Selain itu, ceker ayam juga mengandung zat kapur dan beberapa mineral. Jadi, meski pun nggak ada dagingnya, bagian-bagian ini yang harus kita manfaatkan supaya mendapat gizi dari ceker ayam. Berbagai kandungan ini sangat dianjurkan untuk para penderita rematik juga lho ternyata.

Terus, aku juga pernah baca nih, katanya ceker ayam juga bermanfaat banget lho buat menanggulangi penyakit osteoporosis. Gimana bisa sih?

Gini, di dalam tubuh kita kan ada dua macam antigen (zat yang menghasilkan antibodi untuk imun tubuh), yaitu antigen asing dan antigen diri. Tiap antigen ini sifatnya antigenik dan imunogenik. Yang antigenik, biasanya berikatan dengan antibodi. Nah, kalau yang imunogenik, ternyata mampu menghasilkan antibodi spesifik terhadap antigen.

Agak ribet dimengerti emang. Tapi, antigen imunogenik inilah yang perlu dirangsang dan dikembangkan terus untuk mencegah pengeroposan tulang. Hebatnya, antigen imunogenik ini ada lho di ceker ayam!

Pertanyaannya, ceker ayamnya harus dimasak kayak gimana nih? Banyak kok! Dijadiin dim sum? Bisa. Ditim bareng nasi? Bisa. Dijadiin cemilan ceker ayam? Bisa juga. Variasi olahan hidangan ceker ayam udah banyak kok, dan gampang juga ditemuinnya. Jangan ragu lagi ya buat makan ceker ayam. Bermanfaat kok!

No comments:

Post a Comment